APA ITU FORKLIFT? MEKANISME KERJA & DIMANA DIGUNAKAN?

APA ITU FORKLIFT? MEKANISME KERJA & DIMANA DIGUNAKAN? – Forklift ini merupakan sebuah kendaraan yang ada diindustri kecil, memiliki sebuah platform bercabang yang bisa dioperasikan dengan sebuah tenaga yang terpasang yang ada di bagian paling depan yang bisa dinaikkan dan juga diturunkan untuk bisa dimasukkan di bawah kargo untuk mengangkat atau memindahkannya.

APA ITU FORKLIFT? MEKANISME KERJA & DIMANA DIGUNAKAN?

rhilifts.com – Forklift ditenagai oleh baterai listrik atau mesin pembakaran. Beberapa Forklift memungkinkan operator untuk duduk saat mengemudi dan mengoperasikan alat berat sementara yang lain mengharuskan operator untuk berdiri. Ini sedang banyak digunakan di seluruh industri untuk mengangkut bahan dan barang.

Baca Juga : Mengulas 5 Merk Forklift Terbaik Tahun 2020

Mari kita bahas Komponen Utama Forklift, Mekanisme Forklift, dan Aplikasinya secara detail.

Komponen Utama Forklift Yang Perlu Anda Ketahui

Forklift terdiri dari berbagai komponen yang diperlukan untuk menangani tugas secara efektif. Dari Rangka Truk, sumber daya hingga penyeimbang sangat penting agar forklift berfungsi secara efisien.

Rangka Truk

Rangka Truk merupakan komponen paling vital yang menjadi dasar alat berat. Semua komponen utama forklift termasuk roda, counterweight dan tiang terpasang ke rangka truk.

Pengimbang

Counterweight adalah pemberat besi cor yang dipasang di bagian belakang forklift. Tujuan dari penyeimbang adalah untuk mengimbangi beban yang sedang diangkat. Pada Electric Forklift, Counterweight dipasang pada baterai timbal-asam.

Sumber daya

Sumber daya dari forkliftnya itu sendiri terdiri dari mesin pada pembakaran internal. Mesinnya bisa berbahan bakar LPG, CNG, solar dan gas alam. Forklift Listrik memperoleh daya dari sel bahan bakar atau Baterai Asam Timbal.

Pengangkutan

Kereta berfungsi sebagai dasar untuk forklift. Kereta dipasang pada rel tiang sehingga dapat dengan mudah dipindahkan ke atas dan ke bawah.

Tiang kapal

Tiang adalah bagian vertikal yang mengangkat dan menekan beban. Komponen Tiang terdiri dari Rel Saling yang menawarkan kontrol horizontal. Seperti Kereta, Tiang dapat dilengkapi dengan rol.

Bagaimana Forklift Bekerja?

Mekanisme Pengangkatan: Silinder Hidrolik

Pegangan lift terpasang ke pompa udara listrik di dasar forklift. Setelah pegangan ditekan, itu memicu pompa udara yang menarik udara luar melalui filter dan memaksanya masuk ke dalam tabung yang mencapai silinder hidrolik.

Silinder hidrolik terdiri dari tabung berongga yang ditutup di salah satu ujungnya dengan piston berpelumas fleksibel yang dipasang di ujung lainnya. Udara terperangkap melalui dasar silinder yang memungkinkan gas masuk tanpa membocorkannya.

Volume gas di dalam silinder menaikkan tekanan di dalamnya. Tekanan yang diterapkan pada area kepala piston menghasilkan gaya ke atas. Gaya ini menyebabkan piston bergerak ke atas, meningkatkan volume gas dan meminimalkan tekanan. Ini menciptakan keseimbangan fisik pada ketinggian forklift dan gaya yang setara dari Gas dan Beban Forklift.

Untuk Mengangkat Beban

Operator mendorong pegangan ke arah depan, memberi isyarat kepada forklift untuk memompa udara berlebih ke silinder.

Untuk Menurunkan beban

Operator menarik pegangan ke arah belakang yang menandakan katup khusus untuk mengeluarkan gas dari silinder.

Mekanisme Pengangkatan: Roller Chain Pulley

Piston hidrolik melekat pada dua struktur vertikal utama yang dikenal sebagai “tiang”. Garpu yang dimaksudkan untuk membawa beban dipasang pada badan utama forklift oleh sepasang puli rantai rol yang titik tumpunya membentuk roda gigi di bagian atas tiang.

Oleh karena itu, ketika piston hidrolik mendorong tiang ke arah atas, roda gigi pada tiang ditekan terhadap rantai roller. Itu terjadi karena satu sisi rantai dipasang pada rangka forklift yang tidak dapat digerakkan, dan satu-satunya cara tiang dapat bergerak ke atas adalah ketika roda gigi berputar searah jarum jam dan menarik garpu ke atas.

Pentingnya mekanisme ini adalah membiarkan garpu menjauh dari jangkauan silinder. Jika tidak dimaksudkan untuk katrol rantai rol maka forklift akan membutuhkan silinder yang jauh lebih tinggi untuk mengangkat beban ke ketinggian yang setara.

Penggunaan Forklift Industri

Forklift telah sepenuhnya mengubah industri penyimpanan dan pengiriman. Forklift pertama kali ditemukan pada awal abad ke -20 dan sekarang telah menjadi bagian penting dari dunia industri modern. Forklift diberi nama setelah garpu seperti garpu yang mengangkat beban.

#1.Situs Konstruksi

Forklift Industri berfungsi sebagai peralatan yang sangat berguna di lokasi konstruksi, karena dapat digunakan untuk membawa bahan bangunan yang besar dan kuat dalam jarak yang jauh, melintasi medan yang kasar. Ini menggabungkan dan menyeimbangkan fungsi alat pengangkat dan kendaraan. Forklift dapat menurunkan palet batu bata, bahan konstruksi dan balok baja dari truk pengiriman dan mengangkutnya ke lokasi kerja. Sebagian besar perusahaan pelayaran sekarang membawa forklift yang dipasang di truk untuk dengan mudah menurunkan produk konstruksi.

#2.Gudang

Forklift paling sering digunakan di gudang. Forklift terutama digunakan untuk bongkar muat truk dan untuk membawa barang. Ada berbagai pilihan forklift yang tersedia yang mencakup mesin yang dioperasikan pejalan kaki hingga truk yang dioperasikan oleh pengemudi tugas berat.

Forklift bervariasi dalam ukuran, mulai dari kapasitas satu ton untuk pekerjaan terkait gudang umum hingga kapasitas 50 ton untuk pekerjaan kontainer pengiriman. Sebuah pelat pada forklift menentukan berat tertinggi yang dapat diangkatnya. Operator forklift dapat mengangkat dan menurunkan fork, menggunakan side shifter untuk memindahkan beban dan memiringkan tiang agar beban tidak terlepas dari fork. Truk palet digunakan untuk membongkar dan memasukkan barang yang dikirim menggunakan palet seperti karton dan barang kaleng.

#3. Operasi Daur Ulang

Forklift juga digunakan dalam operasi daur ulang untuk menurunkan truk atau wadah daur ulang dan mengangkut isinya ke tempat penyortiran. Truk forklift dapat secara efisien memuat dan membongkar truk lurus, trailer traktor, elevator, dan gerbong kereta api. Lampiran sangkar dapat digunakan untuk mengangkut material seperti ban, yang mungkin terlepas dari garpu.

Sebelum memulai operasi bongkar/muat, area kerja harus dipersiapkan dengan baik. Rem kendaraan harus disetel. Jack tetap yang menopang semi-trailer yang tidak digabungkan ke traktor, harus dipasang untuk menghindari penggulingan forklift. Pastikan ketinggian pintu masuk kendaraan bersih dari ketinggian forklift minimal 5 cm. Juga, pastikan bahwa dok serta pelat dok tidak memiliki blokade dan benar-benar kering. Garpu harus tetap mengarah ke bawah saat bepergian tanpa beban dan tetap mengarah ke atas saat bepergian dengan beban.

Mengulas 5 Merk Forklift Terbaik Tahun 2020

Mengulas 5 Merk Forklift Terbaik Tahun 2020 – Tahukah Anda bahwa penanganan material adalah industri senilai $330 Miliar (dengan modal […]

Berapa Lama Rata-Rata Forklift Bertahan?

Berapa Lama Rata-Rata Forklift Bertahan? – Menurut AAA , rata-rata orang Amerika mengendarai kendaraan pribadi mereka antara 10.500 dan 13.500 […]